Perspektif

Memajukan Ranting dan Cabang

2 Mins read

Ranting itu penting; cabang berkembang, kebatilan tumbang. Saat ranting dan cabang Muhammadiyah bergeliat dan berkemajuan maka kebangsaan akan bersemi. Ranting dan cabang menjadi poros pergerakan Persyarikatan Muhammadiyah.

Poros inilah yang menyokong kebesaran Muhammadiyah. Saat poros itu terus melakukan agenda keumatan, maka Muhammadiyah akan terus langgeng sampai kiamat datang.

Oleh karena itu memajukan ranting dan cabang menjadi sebuah keniscayaan. Salah satunya adalah dengan menghidupkan pengajian. Pengajian adalah majelis ilmu. Siapa berkumpul dalam majelis ilmu, maka malaikat akan mengepakkan sayapnya. Malaikat pun terus berdoa memohon ampun kepada Allah untuk mereka.

Majelis ilmu juga akan mendatangkan ketenangan. Dari Abu Hurairah, Rasulullah s.a.w, bersabda, dan tidaklah sekelompok orang berkumpul di dalam satu rumah di antara rumah-rumah Allah, mereka membaca kitab Allah dan saling belajar diantara mereka, kecuali ketenangan turun kepada mereka, rahmat meliputi mereka, malaikat menggelilingi mereka, dan Allah menyebut-nyebut mereka di kalangan (para malaikat) di hadapan-Nya (HR Muslim).

Ketenangan ini akan menjadi modal bagi pengurus ranting dan cabang dalam mengelola amal usaha. Amal usaha akan tetap dalam kendali jamaah, bukan tergantung pada segelintir orang. Keberadaan amal usaha tidak akan menjadi masalah, saat semua senantiasa duduk bersama dalam majelis ilmu.

Apalagi majelis ilmu itu dilakukan dari rumah ke rumah warga Muhammadiyah. Pengajian dari rumah ke rumah akan menguatkan ukhuwah islamiyah sesama anggota Muhammadiyah. Model pengajian ini pun menjadi sarana silaturahmi yang hebat.

Silaturahmi menjadi kekuatan umat dalam membangun keadaban. Saat silaturahmi menjadi laku utama, maka ia telah menjadi penerus risalah Nabi Muhammad, s.a.w. Pasalnya, Muhammad, s.a.w, diutus oleh Allah salah satunya untuk merekatkan silaturahmi.

Baca Juga  Ada Apa dengan Kajian Online?

Abu Nujaih ‘Amr ibn Abasah al-Sulami bertanya kepada Muhammad setelah beliau diangkat menjadi rasul, “Tugas apakah yang engkau emban? Aku adalah seorang nabi, jawab Rasulullah, s.a.w. Apakah nabi itu? tanya Abu Nujaih selanjutnya. Allah mengutusku, jawab Rasulullah s.a.w. Untuk apakah Allah mengutusmu? tanya Abu Nujaih, lebih lanjut.

Allah mengutusku untuk merekatkan silaturahmi, menghancurkan berhala, dan mengesakan Allah yang tidak boleh disekutukan sesuatu apa pun, jawab Rasulullah, s.a.w.

Silaturahmi akan memunculkan cinta kasih, kepercayaan (trust), dan kerjasama yang erat. Saat ketiga hal itu telah berada dalam diri warga Muhammadiyah, maka Persyarikatan akan kokoh.

Kokohnya Persyarikatan itu akan menyembul menjadi kekuatan umat menegakkan kebenaran. Kebenaran perlu ditegakkan dengan cara-cara yang bijak, sehingga keburukan enggan untuk mendekat (al-Isra, 17: 81).

Pada akhirnya, kunci utama memajukan ranting dan cabang adalah dengan menguatkan pengajian. Pengajian tidak sekadar sebagai basis ilmu warga Muhammadiyah, namun menjadi medium penguatan jalinan silaturahmi.

Editor: Yahya FR
Related posts
Perspektif

Buat Akademisi, Stop Nyinyir Terhadap Artis!

3 Mins read
Sebagai seorang akademisi, saya cukup miris, heran, dan sekaligus terusik dengan sebagian rekan akademisi lain yang memandang rendah profesi artis. Ungkapan-ungkapan sinis…
Perspektif

Begini Kira-Kira Jika Buya Hamka Berbicara tentang Bola

3 Mins read
Kita harus menang! Tetapi di manakah letak kemenangan itu? Yaitu di balik perjuangan dan kepayahan. Di balik keringat, darah, dan air mata….
Perspektif

Serangan Iran ke Israel Bisa Menghapus Sentimen Sunni-Syiah

4 Mins read
Jelang penghujung tahun 2022 lalu, media dihebohkan dengan kasus kematian Mahsa Amini, gadis belia 22 tahun di Iran. Pro-Kontra muncul terkait aturan…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *